Pengertian, Ciri - Ciri dan Perbedaan Monera dan Protista

Iklan Disini

Monera

Monera berasal dari kata monares yang berarti tunggal. Mikroorganisme ini memiliki inti tetap, tidak memiliki selubung inti sehingga bersifat prokariotik. Misal: bakteri dan ganggang biru. Dalam kelompok ini ada Bakteri dan Ganggang biru
 
http://pojokipa.alfajar.sch.id/2016/02/klasifikasi-dikotom-dan-kunci.html

Bakteri dibedakan menjadi
  1. Coccuss, bekteri berbentuk bulat
  2. Basillus, bakteri berbentuk batang
  3. Spirillum, bakteri berbentuk spiral

Cara mengingat:
“Melihat Nona Monera, berdiri di atas BAK, Cocok Banget pake bando spiral karena wajahnya Bulat lehernya lurus seperti batang. O ya, nona monera juga punya Gank lho..”

Protista

Bersifat Eukariotik. yaitu memiliki membran inti, bersel tunggal dan multiseluler. Misal: Protozoa yang mempunyai ukuran sangat kecil, satu sel, hidup di air atau parasit pada makhluk lain, berkembang biak membelah diri.
 
Kingdom Protista

Dalam kelompok ini ada
  1. Hewan berkaki semu atau Rhizopoda, tubuhnya dapat membentuk kaki semu / pseudopodia, contoh Amoeba proteus, Entamoeba coli.
  2. Hewan berbulu cambuk atau Flagellata, memiliki flagel yang bergerak mirip dengan cambuk. Contoh Chlamydomono, Trypanosoma, Euglena.
  3. Hewan berbulu getar atau Ciliata, memiliki silia yang selalu bergetar berfungsi sebagai alat gerak dan mengambil makanan. Contoh : Paramaecium, Didinum.
  4. Hewan berspora atau Sporazoa, berkembang biak dengan spora. Contoh : Plasmodium.

Cara Mengingatnya:
“Beda lagi dengan Nona Protista, cantik, banyak yang suka, ada yang bernama Rhizo, si cinta semu. Ada lagi Flagell, pemain debus pemegang cambuk. Nona protista bahkan membuat si Cilli, sering bergetar karena cemburu karena cowonya yang suka Sport, juga suka ke Nona Protista”

Perbedaan Monera dan Protista

Perbedaan utama antara protista dan monerans adalah protista yang eukariotik sementara monerans adalah prokariota. Protista, seperti amuba, dengan demikian lebih dekat dengan manusia daripada mereka untuk monerans, seperti bakteri.

Monerans dan protista keduanya organisme bersel tunggal, namun kesamaan mereka sebagian besar berakhir di tingkat anatomi. Monera adalah kelompok yang mencakup semua bakteri yang benar, sedangkan Kerajaan Protista mengandung ganggang bersel tunggal, amuba dan paramecia. Protista memiliki membran eksterior relatif sederhana dan sama-sama sederhana, atau tidak ada, dinding sel. Monerans memiliki dinding sel kimia casino online kompleks dan, dengan beberapa pengecualian, tidak memiliki silia, flagela atau pseudopodia umum di antara protista. Protista memiliki inti sel yang mengandung DNA diskrit berorientasi linear disusun dalam beberapa kromosom. Monerans tidak memiliki nukleus, dan DNA mereka diatur sebagai kromosom berbentuk cincin tunggal. Protista, seperti halnya semua eukariota, melaksanakan sintesis protein dengan bantuan komponen seluler yang berbeda yang disebut organel, yang benar-benar kurang monerans. Protista dapat bereproduksi secara seksual atau aseksual, tergantung pada spesies dan lingkungan, sementara monerans umumnya bereproduksi secara aseksual melalui pembelahan biner. Monera adalah jauh kerajaan terbesar dan paling beragam kehidupan, sementara protista mempertahankan kesamaan relatif dalam kimia, anatomi dan perilaku.

Demikianlah Materi IPA Kelas VII Kali ini yang mengenai "Pengertian, Ciri - Ciri dan Perbedaan Monera dan Protista". Semoga bermanfaat buat kalian semua.
Iklan Disini

Posting Komentar