Paru - Paru Sebagai Alat Pernapasan Dan Alat Ekskresi Pada Manusia

Paru - Paru Sebagai Alat Pernapasan Dan EkskresiParu - paru terdapat didalam rongga dada, dikanan dan dikiri jantung dan diatas diafragma (sekat rongga dada).

Paru - paru manusia ada dua, yaitu paru - paru kiri dan paru - paru kanan. paru - paru kiri mempunyai dua gelambir (lobus) yang ukurannya lebih kecil dari paru - paru kanan yang mempunayi tiga gelambir (lobus).

Paru - paru ditutupi selaput paru - paru yang disebut pleura. Pleura terdiri dari dua lapisan, yang diantara kedua lapisan tersebut terdapat cairan limfa yang berfungsi untuk mencegah terjadinya gesekan pada saat paru - paru sedng mengembang dan mengempis.

Bronkiolus dan alveolus terdapat dalam paru - paru. Paru - paru manusia mempunyai kurang lebih 300 juta alveolus. Alveolus diselubungi oleh pembuluh darah kapiker tempat terjadinya difusi oksigen dan karbondioksida. Alveolus berfungsi memperluas permukaan paru - paru untuk difusi oksigen.

Selain berfungsi sebagai alat pernapasan, paru - paru merupakan alat pengeluaran. Karena paru - paru mengeluarkan karbondioksida dan uap air saat bernapas.

Posting Komentar untuk "Paru - Paru Sebagai Alat Pernapasan Dan Alat Ekskresi Pada Manusia"